Monday, June 11, 2012

Kembung -> Mencret


       Kenapa setelah kembung, beberapa jam kemudian jika kembung tidak segera reda. Perut akan sakit dan (maaf) mencret?

Penguraian makanan di lakukan oleh bakteri pengurai, salah satunya bakteri E-coli. Makanan akan terurai dalam jumlah tertentu (tidak semua makanan yang masuk ke perut akan di urai oleh bakteri), itulah sebabnya pada kondisi normal ada sejumlah banyak feses yang kita keluarkan (biasanya berbentuk padat). 

Mencret adalah fenomena dimana feses yang kita keluarkan berbentuk cair (encer). Nah, hal ini disebabkan karena masuknya udara kedalam perut (kembung) yang berarti kandungan oksigen di dalam perut menjadi lebih banyak. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh bakteri E-coli untuk berkembang biak. Dalam artian, keberadaan oksigen berlebih akan membuka kesempatan  mereka untuk beranak pinak. Karena jumlah mereka yang menjadi lebih banyak, maka nutrisi yang dibutuhkan pun akan lebih banyak pula. Dan nutrisi itu diambil dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Akibat dari itu, sisa makanan yang tidak terurai akan menjadi lebih sedikit (encer) dan menyebabkan produksi asam berlebih sebagai hasil dari penguraian itu (muncul sakit perut). 

Analoginya seperti penderita muntaber yang disebabkan karena mengkonsumsi air minum yang tercemar bakteri E-Coli. Akibatnya jumlah bakteri menjadi semakin banyak.

Semoga menjadi informasi. Jika ada teori yang kurang tepat mohon maaf, karena analisis ini hanyalah bersumber dari akal yang diberikan Tuhan dan keterbatasan pengetahuan. 


Foto dari sini

No comments: