Sunday, January 20, 2019

Di Balik Aksi Kejahatan

DIBALIK AKSI KEJAHATAN

Saya ini seorang pelayan di sebuah warung nasi kecil di pinggir jalan. Satu waktu ada yang pesan nasi bungkus ke saya, lumayan banyak jumlahnya. Orangnya legam besar, agak kumal dan rambutnya dipirang. Secara penampakan, orang ini punya banyak syarat untuk memerankan preman tanpa dimakeup.
"Nanti yg bayar pak Hadi kantor sebelah, yg biasa makan disini itu mas", katanya.
Kami memang banyak melayani orang kantor sekitar, tapi entah pak hadi itu yang mana saya tak pernah tahu.
Saya mengiya, dan melepas kresek-kresek nasi dengan senyum. Iya, tersenyum, seperti - ah silakan coba tersenyum dengan perasaan khawatir dan tidak cukup percaya lalu lihat bentuk senyummu, ya seperti itu.
Dan sampai malam tiba tidak ada seorang Hadi pun yg mengambil nota. Dan besoknya, dan besoknya.
Maka, kalau tak mau menyangkut-nyangkutkan Alloh dalam proses ketidakbaikan seseorang. Mari masuk dalam keheranan saya, siapa yang menggerakkan hati saya untuk berbaik sangka?, untuk percaya bahwa masi banyak anton medan-anton medan di dunia, siapa yang meyakinkan saya bahwa pak Hadi itu memang sepertinya ada?, siapa yang membuat saya percaya begitu saja?
Kejahatan itu terjadi bukan cuma karena ada pelakunya, tapi juga karena ketidakjahatan para korbannya. Waspadalah wasapadalah, kebaikan Alloh ada dimana-mana.

No comments: