Tuesday, March 27, 2012

Belajar Bersama adalah Penghematan Energi

"BELAJAR BERSAMA ADALAH PENGEHEMATAN ENERGI"

      Mari dukung pemerintah dalam upaya penghematan listrik lewat aktifitas BELAJAR BERSAMA di malam hari. Kenapa?

1. Pada saat beban puncak (umumnya pukul 17.00-22.00), listrik menanggung beban besar dalam suplai listrik ke masyarakat. Yang itu artinya ketika jumlah pemakaian sudah melebihi supply listrik yang diberikan kemungkinan akan menyebabkan pemadaman listrik. Dan biasanya range waktu tersebut adalah saat-saat para pelajar sedang belajar di kos (bagi yang ngekos). Kita asumsi setiap anak mengkonsumsi 25 watt untuk penerangan kos selama belajar (konsumsi ini belum termasuk kebutuhan listrik ekstra saat belajar, seperti radio, komputer, dll). Berarti untuk satu kelompok belajar yang terdiri dari 5 orang kita dapat menghemat 100 watt listrik. Jadi, belajar bersama hanya memerlukan 1 kamar kos dengan penerangan lampu 25 watt. 


2. Belajar bersama merupakan sebuah wadah informal bagi pelajar untuk bersosialisasi. Karena dalam forum ini tukar pikiran (sharing) akan berjalan, pun dengan diskusi-diskusi yang secara periodik dan bertahap akan membentuk insan-insan yang kompetitif.

2 comments:

Hilmy Nugraha said...

nice idea!

Ziqin said...

Hmm, suda terlalu bosan dengan tuntutan,...bukankah yang kita butuhkan aksi yang solutif..Bukannya 'gegeran' yang profokatif...hehe