Sunday, July 25, 2010

Chemistry of cooking

Kamu suka memasak, tapi kamu takut terjadi apa-apa?. Meskipun dengan resep terbaik, sangat memungkinkan suatu waktu terjadi hal yang sangat berbahaya lho!!.
Sebuah scientist dan koki profesional mengatakan bahwa mengetahui sedikit tentang kimia akan dapat membantu hal tersebut.
Seorang biochemist dan koki menjelaskan bahwa memasak adalah semua tentang kimia dan mengetahui beberapa fakta yang dapat membantu koki memahami kesalahan pada resep yang dibuat. Karena memasak adalah keahlian mengetahui esensi dari rangkaian reaksi kimia. Dan itu membantu untuk mengetahui beberapa dasar-dasarnya.

Jauh sebelum menjadi koki, Shirley Corriher adalah seorang biochemist. Dia mengatakan bahwa sains adalah kunci untuk mngetahui hal yang benar dan salah di dapur.

Dia juga mengatakan "cooking is chemistry", "dan memasak adalah esensi dari reaksi kimia", tambahnya.
Hal ini terjadi ketika meletakkan kubis merah di atas panci panas. Panas itu akan merubah pigmen merah anthocyanine. Dan perubahan itu adalah perubahan dari asam ke basa yang menyebabkan perubahan warna juga. Menambahkan cuka akan meningkatkan keasamannya, kemudian warna akan berubah menjadi merah kembali. Baking soda akan merubahnya kembali menjadi biru.

Mencelupkan asparagus ke dalam air mendidih dapat menyebabkan rusaknya sel-selasparagus dan hasilnya adalah warna akan berubah menjadi hijau yang lebih terang. Pemanasan lebih lama akan menyebabkan dinding sel mengingsut dan membebaskan asam.

referensi
http://www.sciencedaily.com/videos/2009/0112-chemistry_of_cooking.htm
images
http://www.chemistryland.com/CHM107Lab/Exp10_pHindicator/Lab/CabbageStart.jpg
http://ryanalfiannoor.files.wordpress.com/2009/06/ratatouillewallpaper2800.jpg
http://ambarmetawati.files.wordpress.com/2010/03/116365_full.jpg

No comments: