Friday, July 16, 2010

Coretan 14 Maret 2010

Hari ini adalah hari yang luar biasa bagiku, aku bisa bicara begitu intim dengan seorang Doktor kimia, namanya Dr.Luar Biasa Tak Terkira. Pendidikan menjadi suatu hal yang begitu penting baginya, beliau banyak memberi masukan khususnya buat psikologiku yang lagi unconnected ini. Malam itu, dengan sepeda onthel hasil pinjaman dari si ‘mbah’, kukayuh sepeda itu menelusuri jalan-jalan, menuju koordinat (baca:alamat) yang tertera di buku kecilku, Jl. Beraspal no.120A. Tidak sulit mencari jalan itu, karena setelah tanya sana tanya sini, jalan tersebut sering aku lewati. Beberapa saat kemudian, papan coklat kecil bertuliskan 120A yang menempel di dinding depan sebuah rumah di pojok jalan menghentikan sepedaku. Sedikit memperhatikan akhirnya kuputuskan masuk, pagar hitam kuning (mengingatkanku pada berani dan mawas diri) setinggi perut menyambutku.

Pertemuan malam itu kuanggap berarti, ditemani segelas teh hangat dan kue pedas manis (entah apa namanya) wacanaku dibuka, selambu hitam yang menghalangi perlahan disingkap. Dari beliau aku banyak tau kalau ternyata borok di tubuh dunia pendidikan kita ternyata semakin lebar. Khususnya universitas, luka itu tidak saja mendera kalangan birokrat dan pengajar saja, mahasiswa sekarang telah memberikan sumbangsih yang cukup besar atas hal itu.

Banyak pesan moral maupun bekal yang beliau berikan kepadaku

“Jadi orang jangan abu abu, jadi putih atau hitam seklaian. Hitam atau putih itu akan menjadi surga bagimu kalau didasari kesadaran dan ilmu. Banyak orang berilmu tp ga punya kesadaran. “

Beliau juga menyuruhku agar bisa menulis dan meng implementasikan apa yang kupikirkan. Karena beliau beranggapan bahwa itulah kekurangan indonesians. Mereka terlalu berfikir dan berfikir tanpa ada follow upnya. Sampai-sampai beliau mengatakan dalam sebuah bukunya

Don’t thinking a lot, just do it and do the best. Insya Allah the God will with you

Saat bersiap mengayuh sepeda untuk pulang, beliau menepuk bahuku dua kali dan aku merasakan tepukan itu mengkatalisis semangatku.

image:

http://res.images.picsquare.com/images/designs/1095.jpg

No comments: