Monday, July 19, 2010

Unsur 117 telah ditemukan

Tahun 2010 tampaknya menjadi tahun yang spektakuler bagi para scientist, bagaimana tidak. Lewat penelitian panjang selama 2 tahun sebuah tim peneliti yang terdiri dari Joint Institute of Nuclear Research (Dubna, Rusia), Research Institute for Advance Reactors (Dimitrovgrad), Lawrence Livemore National Laboratory, Oak Ridge National Laboratory, Vendorbilt University dan The University of Nevada, Las Vegas telah berhasil menemukan Superheavy element 117. Dalam eksperimen tersebut mereka berhasil menghasilkan 6 atom unsur 117 dari hasil pembombardiran unsur kalsium dan berkelium. Percobaan awal dilakukan dalam High Flux Reactor di Oak Ridge dengan waktu iradiasi 250 hari untuk mendapatkan 22 mg Berkelium, 90 hari proses pemisahan dan pemurnian berkelium, 150 hari bombardment di Dubna. Dari reaksi ini





dapat diketahui percobaan ini selain menghasilkan 6 atom juga memperoleh 2 isotop. Dan hasil ini telah dipublish pada 9 April 2010 di jurnal Physical Review Letters.
Unsur ini dimasukkan kedasar golongan halogen pada sistem periodic dengan nama sementara Ununseptium.
Tabel periodik terbaru

Belum banyak data yang berhasil didapatkan pada unsur ini, tetapi kita yakin scientist-scientist seperti mereka akan banyak menemukan hal-hal baru tentang hal itu dan sungguh kerugian yang besar kalau kita enggan untuk sekedar mengetahuinya.

Dan perlu diketahui, sejak 1940, setelah ditemukannya uranium telah berhasil ditambahkan 26 unsur kedalam tabel periodik.

O ya coba kita lihat tim penelitinya. Ternyata mereka adalah peneliti gabungan dari 2 negara dengan unsur praktisi dan akademisi, sebuah kombinasi yang ciamik.
Semoga ini memberi inspirasi bagi saya dan anda disana.

salam benzene!!

referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Ununseptium
http://www.chemistrytimes.com/research/International_team_discovers_element_117.asp
image
http://www.ptable.com/Images/periodic%20table.png
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fe/Circular_form_of_periodic_table.svg/545px-Circular_form_of_periodic_table.svg.png

No comments: